Tips Nulis Cerita

  • Halo banget buat kalian semuaaa. Udah lama aja nih nggak ngupdate postingan di tumblr. Sekarang lagi buka tumblr nih. Langsung aja aku mau kasi tips nulis buat kalian-kalian. Karena, banyak yang nanya sama aku lewat twitter/facebook gimana sih cara nemuin ide yang unik atau gimana sih cara nulis biar nggak berhenti ditengah jalan, dan banyak lagi. So, biar enak, aku tulis di sini aja biar entar kalian bisa langsung baca rame-rame. Hahaha.
  • 1. Gimana sih cara nemuin ide?
  • Pertama bakalan aku jawab dulu pertanyaan yang satu ini. Gimana sih cara gampang dapet ide? Mungkin sebagian dari kalian meratap, “Kok aku suka gak nemun ide sama sekali?”, Huwahhh gimane dong?: (
  • Gampang aja kok nemuin ide. Bisa dengan nyoba ngelakuin hal baru, browsing di internet, nontonin acara televisi, baca-bacain seluruh benda yang bisa dibaca (buku novel/kumcer, majalah, koran, apa kek), denger lagu dan cerna liriknya (karena yang kubahas disini cara nulis cerita KKPK dan sejenisnya, jadi lirik lagunya pikir-pikir juga, jangan lagu cinta diambil buat ide.), bahkan dari pengalaman diri sendiri/juga pengalaman temen, dan malah orang yang sejujurnya nggak kita pernah kenal sama sekali! Buat yang terakhir ini, kita bisa dapatkan pengalaman mereka dari acara televisi, berita-berita yang ada di dalamnya, bisa kita ambil dan jadiin salah satu ide pengusung lahirnya novel kita nanti.
  • Dan, of course ide bisa aja bandel dan tetep susah datengnya. Kalo masalah ini ya kita coba serahin ke yang di atas aja deh, kita banyakin do’a biar kita dipermudah ngedapetin ide, ide yang unik dan jarang dipake atau bahkan kita penemu pertama kali-nya. Aamiin.
  • Karena, yang ngatur kan Allah, yang ngasih kita semacam ilham ketika mencoba bertapa pas nyari ide kan juga Allah. Bener enggak?
  • Semoga kita nggak pernah buntu ide lagi! Aamiin.
  • 2. Cara nulis yang bener itu gimana? Aku kan baru mau nyoba nulis nih, jadi belom tau gimana cara mulainya.
  • Okelah. Kalo masalah yang inimah aku langsung bisa jawab. Semua penulis pasti berawal dari nggak tau apa-apa dan teknik nulisnya masih dikit bener. Namun, mereka si para pemula ini bisa belajar dari buku-buku para penulis lain. Dan ya yang jelas nggak cuma penulis pemula doang yang harus begini, semua penulis memang dituntut harus rajin-rajin baca, nggak peduli dia udah selevel sama J.K Rowling yang nulis Harry Potter atau Dewi Lestari yang nelorin buku Perahu Kertas.
  • Misal, kamu berencana nulis buku genre horor, banyakin baca novel-novel horor, tontonin film horor, bahkan mulai cobain berimajinasi sendiri tentang hal-hal horor tapi ya yang masuk akal lah ya … Dengan ngelakuin hal itu, kamu otomatis lambat laun dapat tau teknik nulis horor gimana, tema cerita yang beda dari yang lain yang macem apasih, dan gimana cara bikin orang ketakutan setengah mati pas baca novel horor kita.
  • Yep. Emang baca gudang segalanya deh. Dari baca (baca apa aja. Baca koran, novel, kumcer, majalah, dan lainnya), kita bisa langsung belajar gimana teknik nulis yang baik dan benar, atau bahkan menempatkan tanda baca dan mengatur kalimat agar kelihatan masuk akal dan enak dibaca. Well, sedikit lagi tips dari aku, agar tulisan dan setiap kalimat yang ada pada cerita kita dapat dinikmati dan enggak kaku, silahkan setiap kali selesai menulis satu kalimat, baca ulang kalimat itu, ubah kalo serasa kurang enak dibaca. Jadi, dengan begini kamu udah lengkap banget deh; jadi penulis naskah juga jadi editor pertama naskah kamu sendiri, tanpa ada oranglain yang udah baca/edit naskah kamu.
  • 3. Apa yang dibutuhkan seorang penulis?
  • Penulis bukan cuma butuh makan, minum … tapi mereka itu kayak mesin yang bahan bakarnya itu bensin jenis ide, bensin jenis penguasaan kosa-kata yang baik … bensin jenis pengalaman. Pokoknya, itu semua yang dibutuhin seorang penulis biar bisa bikin buku. Mereka butuh ide-ide keren, penguasaan kosa kata yang baik dan lebih dari orang yang nggak dianugerahi bakat menulis, juga pengalaman.
  • Apa sih yang bisa diandelin dari pengalaman kita?
  • Yah, jelas aja, selain bisa dibikin jadi cerita, mempunyai banyak pengalaman juga ngebuat kita lebih tau dan lebih pernah merasakan. Misal, kamu lagi mau nulis tentang orang yang kepeleset di lapangan sekolah yang licin sehabis hujan sedangkan banyak banget kakak kelas atau adek kelas yang lagi nongkrong dipinggiran lapangan. Bisa jadi kamu salah satu yang pernah ngalamin hal kayak gitu, dan pas kamu mau nyeritain hal ini di dalam cerita kamu, pasti deh beda rasanya sama yang belom pernah. Pasti lebih semangat nulisnya gara-gara gak sabar berbagi pengalaman sekalipun itu memalukan kayak begitu … bisa juga kamu mau nulis paragraf tentang orang yang lagi naik roller coaster, pasti kalo kamu udah pernah naik roller coaster jadi beda deh sama yang belom. Kamu lebih bisa menguasainya, kamu jadi lebih tau gimana aja perasaan yang kamu rasakan pas roller coaster ngebawa kamu melintasi jalurnya yang kejam sampe badan kamu serasa melayang-layang diajak lari sama si roller coaster … atau bahkan kamu sampe sebel karena pas lagi naik roller coaster bibirmu sempet kepentok pegangan yang menjepit badanmu (kurangtau namanya apa, yang jelas biar kita nggak jatoh). Semua bisa kamu tuangkan jadi cerita! Yuhuuu …
  • So, kapanlagi dot com banget dong buat mulai nulis novel/cerita pendek? Buruan mulai dong. Jadilah orang yang gila baca dan jadilah ahli dalam masalah penguasaan kosa kata, jadilah orang yang gila kata-kata, dan jadilah orang yang merasa sedih dan mual kalau sedang tidak menulis sepatah kata pun …
  • Jadi, tunggu apa lagi?
  • Salam hangat sehangat-hangatnya teh yang baru dicampur air hangat.
  • Sumber: http://www.kintanyaan.tumblr.com/

Leave a comment